Selasa, 05 Oktober 2010

Calon Kapolri, SBY Pilih Komjen Timur Pradopo

Calon Kapolri, SBY Pilih Komjen Timur Pradopo
Oleh : Denny Krisnadhy | 05-Okt-2010, 12:19:29 WIB

KabarIndonesia - Setelah gembar-gembor nama calon Kapolri yang akan dikirim Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah Komjen Pol Ito Sumardi, ternyata hanya kabar-kabur. Komisi III DPR akhir menerima nama pengganti Bambang Hendarso Danuri dari Presiden SBY pada Senin malam (4/10) dan nama yang disodorkan adalah Komjen Timur Pradopo.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, yang sebelumnya mengatakan bahwa Komjen Ito Sumardi 90 persen sebagai calon Kapolri, mengaku keputusan akhir Presiden memilih Komjen Timur Pradopo di luar dugaan. SBY dinilai telah membingungkan masyarakat dengan mengulur-ulur waktu pemilihan Kapolri sehingga menimbulkan spekulasi terkait calon Kapolri.

"Presiden akhirnya mengirim nama Komjen Timur Pradopo sebagai calon Kapolri. Untuk sementara, kita menyambut baik dulu usulan Presiden yang telah beberapa hari ini membuat bingung masyarakat," ujar Bambang, Selasa (5/10).

Menurut Bambang, belum ada jaminan bahwa DPR akan menerima Komjen Timur Pradopo menjadi orang nomor satu di institusi kepolisian itu. Bambang juga menegaskan akan membuka track record Komjen Timur Pradopo selama menjadi perwira polisi.

"Namun tidak ada jaminan mendapat dukungan penuh dari Komisi III, berbagai masukan dari masyarakat tentang rekam jejak Komjen Timur Prodopo akan kita tanyakan saat uji kelayakan nanti," tegasnya.

Namun Bambang berharap Komjen Timur bisa memenuhi kriteria untuk menjadi Kapolri. Memadamkan konflik internal Polri adalah kriteria awal Komjen Timur Pradopo nanti sebelum dilantik menjadi Kapolri.

"Diharapkan mampu menyatukan berbagai faksi di tubuh Polri," harap Bambang. Wajar saja Bambang kecewa Presiden memilih Komjen Timur menjadi Kapolri. Bambang merasa dipermainkan, karena kabar menguat dari Istana sebelumnya bahwa Presiden akan memilih Kabareskrim Komjen Ito Sumardi sebagai Kapolri.

Presiden SBY semalam telah mengirimkan surat ke DPR yang berisi memilih Komjen Timur Pradopo sebagai calon Kapolri menggantikan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri yang segera akan habis masa tugasnya pada akhir Oktober ini. (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

0 komentar:

Posting Komentar

SHARE

Share |

Daftar isi Blog