Jumat, 01 Oktober 2010

TERORIS DAN PERLUNYA PERAN SERTA MASYARAKAT

Akhir-akhir ini masyarakat indonesia dan lebih-lebih warga dunia terhenyakkan oleh masalah yang serius yakni masalah teroris. Walapun sebenarnya masalah teoriris itu sudah ada namun akhir-akhir ini merupakan puncak dari masalah teroris tersebut. lantas Bagaimanakah cara penangulangannya?.

Teroris sudah bukan lagi masalah yang bisa di anggap remeh. Karena gerakan-gerakannya sudah diluar kontrol hak-hak asasi manusia. Melakukan pembunuhan, pemboman, perampokan, penculikan, terhadap orang yang tidak berdosa. Dengan alasan apapun tidak dibenarkan.

Masyarakat Indonesia sebenarnya masyarakat yang sangat toleran terhadap segala macam perbedaan. Baik itu perbedaan agama, keyakinan, suku, bangsa, ras. begitu banyak contoh-contoh yang ditunjukkan oleh para pahlawan kita tentang sikap toleran ini. padahal sikap toleransi merupakan jati diri bangsa dengan dijadikan sila ketiga dan keempat dari pancasila.

Dari peristiwa demi peristiwa teror yang dialami bangsa ini. Menyadarkan kita bahwa selama ini kita lengah dan tidak segera bertindak dalam menyikapi masalah teroris ini. tetapi bertindak setelah kejadian sudah membesar.

Dengan bukti teroris bisa bergerak leluasanya bahkan mereka bisa berlatih perang, merekrut anggota baru, menggalang dana dan kekuatan. sungguh sangat aneh jika sebuah gerakan sebesar itu tetapi masyarakat bahkan polisi, intelejen tidak tahu. hal ini sungguh sangat aneh bagiku.

Melawan gerakan teroris di indonesia tidak bisa dengan hanya menangkapi orang-orang yang terlibat. karena gerakan teroris di indonesia adalah gerakan ideologis. gerakan idiologis tidak bisa di hancurkan jika tidak dari akarnya.

Yang lebih penting lagi, penanganan terorisme bukan melulu urusan aparat keamanan, tapi juga semua lembaga negara terkait. segera bertindak dan persempit gerakan mereka. Dengan bertindak cepat melaporkan kegiatan yang mencurigakan ke pihak yang berwajib. hancurkan teroris dimuka bumi ini. karena gerakan teroris sudah tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan bangsa. apakah kita ingin indonesia dijadikan sarang teroris ?

0 komentar:

Posting Komentar

SHARE

Share |

Daftar isi Blog